Tutorial

Cara Terbaik Membuat Aplikasi Android 2021

Cara Terbaik Membuat Aplikasi Android 2021

Panduan Terbaik Cara Membuat Aplikasi Android 2021 – Jika Anda penasaran dengan proses pembuatan aplikasi tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, ini adalah panduan untuk Anda!

Di sini saya akan memberi Anda panduan langkah demi langkah yang komprehensif dari ide hingga eksekusi. Untuk mempermudah, silakan melompat-lompat berdasarkan tujuan Anda:

  • Dapatkan inspirasi untuk ide aplikasi yang hebat
  • Cara memvalidasi ide aplikasi Anda itu bagus
  • Cara menyempurnakan ide aplikasi Anda
  • Cara untuk membangun / mengimplementasikan ide aplikasi Anda
  • Kiat / saran agar aplikasi Anda diperhatikan di App Store

Jika itu terdengar bagus untuk Anda, mari kita mulai!

Cara membuat aplikasi untuk pemula dalam 10 langkah

  • Hasilkan ide aplikasi
  • Lakukan riset pasar kompetitif
  • Tuliskanfitur untuk aplikasi Anda
  • Buat mockup desain aplikasi Anda
  • Buat desain grafis aplikasi Anda
  • Kumpulkan rencana pemasaran aplikasi
  • Bangun aplikasi dengan salah satu opsi ini
  • Kirimkan aplikasi Anda ke App Store
  • Pasarkan aplikasi Anda untuk eksposur maksimum
  • Tingkatkan aplikasi Anda dengan masukan pengguna

Bonus: Sumber daya pembuatan aplikasi

Hasilkan Ide Saat Membuat Aplikasi Android

Jika Anda sudah memiliki ide aplikasi, Anda sudah siap. Lanjutkan ke langkah berikutnya!

Namun, jika Anda masih berusaha mendapatkan ide bagus untuk sebuah aplikasi, saya punya beberapa teknik yang sangat bagus untuk membantu Anda mendapatkan ide aplikasi populer berikutnya.

Pertama-tama perlu diingat bahwa jarang ada ide yang sama sekali baru yang lahir dari ketiadaan.

Ada lebih dari 4 juta aplikasi di Google Play dan Apple App Store yang digabungkan menurut statista.com :

Kebanyakan ide merupakan variasi dan kombinasi dari ide lama yang sudah ada. Jika Anda terus mengingatnya, ini akan membuka pikiran Anda untuk berpikir lebih kreatif. Baiklah, ke teknik pertama:

Teknik # 1: Teknik Remix

Salah satu cara untuk mendapatkan ide aplikasi yang bagus adalah dengan mengubah ide yang sudah ada atau mencoba menggabungkan elemen dari berbagai aplikasi yang Anda sukai.

Ini terjadi setiap saat dan membuahkan hasil yang luar biasa!

Misalnya, Words with Friends, game seluler populer dari Zynga pada dasarnya adalah Scrabble tetapi online dengan fitur sosial dan multipemain yang memudahkan untuk memainkan game yang panjang dalam waktu senggang yang singkat.

Ini tidak lebih jelas dari banyaknya aplikasi kencan di luar sana. Setiap bulan sepertinya akan ada aplikasi kencan baru yang menargetkan audiens yang berbeda atau dengan serangkaian fitur (biasanya bukan hal baru) yang tidak ada di aplikasi kencan “lain”.

Berikut cara melakukannya sendiri:

Pikirkan beberapa aplikasi yang sering Anda gunakan. Adakah cara agar Anda dapat menggunakan fitur yang paling berguna dan menggabungkannya untuk membentuk jenis aplikasi baru?

Sudahkah ide aplikasi Anda mengalir? Lewati ke langkah berikutnya!

Teknik # 2: Gores rasa gatal Anda sendiri

Saya menyukai teknik ini karena seringkali, ide yang paling sederhana menghasilkan hasil yang terbaik. Ide-ide sederhana ini jarang muncul dari curah pendapat untuk ide-ide aplikasi.

Sebaliknya, mereka lahir dari masalah yang Anda hadapi sendiri dalam hidup. Kemungkinannya adalah jika Anda memiliki masalah ini dan Anda mencoba menemukan solusinya, orang lain juga akan demikian.

Jika masalah dapat diselesaikan dengan aplikasi, itu alasan yang sangat bagus untuk membuatnya!

Tuliskan salah satu ide ini meskipun Anda tahu bahwa aplikasi sudah ada untuk mengatasi masalah ini karena seperti yang akan Anda lihat di langkah berikutnya, mungkin ada peluang untuk membuat aplikasi yang lebih baik daripada yang ada saat ini.

Teknik # 3: Tingkatkan aplikasi yang sudah ada

Pernahkah Anda menggunakan aplikasi dan berpikir, “Akan jauh lebih baik jika ini bisa melakukan X”? Jika demikian, itu adalah percikan kreatif dari ide aplikasi potensial yang sangat bagus!

Selalu ada ruang untuk perbaikan, jadi jika Anda merasa bahwa suatu aplikasi sangat kekurangan fitur yang berguna, kemungkinan besar Anda bukan satu-satunya yang berpikir demikian.

Jika pembuat aplikasi asli tidak terus-menerus memperbarui dan menyempurnakan aplikasi, ada peluang bagi Anda untuk membuat aplikasi yang lebih baik.

Satu cara untuk mengetahui apakah Anda benar atau tidak adalah dengan memeriksa ulasan dan peringkat untuk aplikasi asli.

Apakah orang-orang mengeluh tentang hal yang sama? Apakah mereka mengeluh tentang sesuatu yang berbeda? Apakah pembuat aplikasi mendengarkan umpan balik?

Seperti yang akan Anda lihat, mendengarkan masukan pengguna dan menyempurnakan aplikasi Anda berdasarkan masukan tersebut mungkin merupakan kekuatan pendorong tunggal untuk keberhasilan aplikasi.

Penulis aplikasi yang tidak hadir akan menghukum aplikasinya dengan lambatnya pengurangan pengguna.

Langkah selanjutnya adalah memvalidasi ide Anda untuk memastikan bahwa ide tersebut memiliki peluang untuk berkembang di toko aplikasi.

Lakukan Riset Pasar Secara Kompetitif Sebelum Membuat Aplikasi

Sekarang kita perlu mencari tahu apakah masalah yang diselesaikan oleh aplikasi Anda sedang diselesaikan oleh aplikasi lain.

** CATATAN ** Jika alasan Anda membuat aplikasi adalah untuk mendapatkan pengalaman yang baik dengan prosesnya (dan tidak melakukannya dengan orang lain), Anda dapat melompat ke langkah berikutnya

Jangan berkecil hati jika Anda melihat aplikasi lain di App Store yang telah menangani masalah yang sama dengan aplikasi Anda. Ingat apa yang saya katakan sebelumnya, tidak ada ide baru dan selalu ada ruang untuk perbaikan.

Sebenarnya, ini bisa menjadi hal yang baik karena hal itu memberi tahu Anda bahwa ide Anda layak dan sangat dibutuhkan. Itulah mengapa ada persaingan!

Kuncinya adalah untuk mengungkap BAGAIMANA kebutuhan tersebut dipenuhi oleh aplikasi lain yang sudah ada ini.

Kemungkinan, aplikasi ini mungkin kedaluwarsa atau pembuat aplikasi mungkin berhenti memperbaruinya.

Atau mungkin tidak satupun dari mereka memenuhi tanda dari apa yang BENAR-BENAR DIBUTUHKAN dan DIINGINKAN oleh penonton.

Gulir melalui peringkat dan ulasan aplikasi pesaing yang Anda temukan. Perhatikan hal-hal berikut:

  1. Nama aplikasi
  2. Set fitur
  3. Skema harga / monetisasi
  4. Penerbit aplikasi
  5. Terakhir diperbarui
  6. Peringkat dan Ulasan
  7. Download

Anda mungkin ingin membuat matriks atau spreadsheet untuk melacak hasil Anda. Riset yang Anda lakukan sekarang ini akan membuat titik awal untuk fitur yang akan disertakan dalam aplikasi Anda sendiri dan mana yang harus difokuskan terlebih dahulu.

Inilah yang Anda cari:

Nama aplikasi

Ini terutama hanya untuk tujuan identifikasi untuk melacak berbagai aplikasi yang akan Anda jangkau. Beberapa orang juga menempatkan kata kunci sebagai bagian dari nama aplikasi. Saat Anda menelusuri daftar aplikasi yang bersaing, lihat apakah Anda melihat kata tertentu yang terus muncul di judul aplikasi dan pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci tersebut untuk judul aplikasi Anda.

Set Fitur

Tuliskan semua fitur untuk setiap aplikasi yang bersaing. Catat:

  • Apa fitur inti yang dimiliki semua aplikasi yang bersaing
  • Apa saja fitur unik untuk setiap aplikasi yang bersaing
  • Fitur apa yang mungkin benar-benar hilang dari salah satu aplikasi yang ada
  • Nanti saat kami melihat ulasannya, Anda juga akan mencoba untuk melihat apakah pengguna menyebutkan fitur tertentu yang mereka sukai atau benci.

Harga / monetisasi

Apakah ini biaya satu kali untuk aplikasi? Apakah ini gratis tetapi dimonetisasi dengan cara lain? Alasan penting untuk mencatat ini ada dua:

Bagaimana pengguna menyukai cara dimonetisasi? Misalnya, beberapa orang membenci iklan dan lebih suka membayar aplikasi daripada berurusan dengan spanduk iklan di dalam aplikasi.

Anda berpotensi dapat memonetisasi aplikasi Anda secara berbeda. Misalnya, jika aplikasinya bagus tetapi terlalu mahal, Anda dapat menemukan cara lain untuk memonetisasi aplikasi Anda.

Penerbit aplikasi

Siapa yang menerbitkan aplikasi? Apakah itu perorangan atau perusahaan? (Atau apakah itu perusahaan satu orang?)

Intinya adalah untuk melihat siapa yang Anda hadapi. Perusahaan besar memiliki anggaran yang besar untuk tim pemasaran dan sering kali memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang hanya mengerjakan satu aplikasi. Akan sulit untuk bersaing secara langsung. Saya tidak mengatakan jangan bersaing tetapi kami mungkin harus memiliki sudut pandang yang unik dengan aplikasi kami daripada mencoba memperebutkan fitur untuk mendapatkan fitur.

Jika itu adalah nama individu maka itu biasanya satu orang dan itu memberi kami sedikit jaminan jika Anda berencana untuk melakukannya sendiri.

Terkadang jika penerbit aplikasi adalah nama perusahaan, bisa jadi itu hanya perusahaan yang didaftarkan oleh individu tersebut. Kunjungi situs web perusahaan yang tercantum untuk mencoba mencari tahu apakah itu satu orang atau perusahaan besar.

Anda akan sering mendapatkan jawaban dengan mengunjungi kontak atau halaman tentang. Jika ada seluruh tim di halaman tentang atau jika ada alamat gedung kantor di halaman kontak, mungkin itu adalah perusahaan yang cukup besar.

Terakhir diperbarui

Anda ingin mengetahui seberapa baik aplikasi ini dipertahankan. Jika penulis aplikasi belum memperbarui dalam waktu yang lama, maka ada peluang bagi Anda untuk mengambil pangsa pasar. Namun, jika penulis sering memperbarui aplikasi, Anda perlu mencatatnya karena aplikasi ini akan bersaing dengan Anda secara aktif.

Peringkat dan Ulasan

Bagaimana pengguna menilai aplikasi ini? Jika aplikasi dinilai buruk, coba cari tahu alasannya. Apakah ini kekurangan fitur? Apakah aplikasinya rusak? Wawasan ini akan membantu Anda menghindari jebakan tersebut.

Di sisi lain, jika aplikasi dinilai tinggi, unduh dan coba sendiri, beri perhatian khusus pada rangkaian fitur dan pengalaman pengguna. Anda sebaiknya memeriksa ulasan pengguna untuk mengetahui mengapa pengguna sangat menyukai aplikasi ini. Ini akan memandu Anda dalam cara mendesain, merencanakan, dan memprioritaskan fitur untuk aplikasi Anda sendiri.

Apakah aplikasi diberi peringkat buruk atau tinggi, ada sesuatu yang perlu dipelajari di sini. Saring setiap ulasan dan cari tahu apa yang orang katakan dan mengapa mereka mengatakannya. Ini adalah masukan pengguna yang sangat berharga yang tidak perlu Anda bayar (dalam bentuk dolar atau darah dan keringat) untuk mengetahuinya!

Download

Jumlah unduhan untuk aplikasi tidak tertulis di daftar aplikasi App Store tetapi ada alat di luar sana untuk “memata-matai” aplikasi dan mendapatkan informasi ini sebagai perkiraan. Misalnya, SensorTower adalah salah satu alat yang memungkinkan Anda melihat perkiraan jumlah unduhan aplikasi secara gratis

Validasi ide Anda

Sebaliknya, jika tidak ada banyak persaingan untuk ide aplikasi Anda, bisa jadi itu adalah ide baru dan baru yang belum pernah terpikirkan oleh siapa pun sebelumnya atau mungkin idenya tidak dapat dijalankan.

Mulailah dengan mendekonstruksi ide Anda sedikit sehingga Anda dapat menyampaikan ide, audiens, dan tujuan aplikasi secara ringkas dalam 30 detik kepada seseorang. Kemudian, berlatihlah menyampaikan elevatorpitch itu kepada diri Anda sendiri di depan cermin sehingga Anda nyaman mengatakannya.

Akan sangat menyedihkan jika seseorang mengabaikan ide aplikasi yang bagus karena mereka tidak dapat memahaminya atau pesannya kacau.

Jika Anda sudah mendapatkan deskripsi yang jelas tentang ide aplikasi Anda dan Anda telah mempraktikkan penjelasan Anda, coba sampaikan kepada keluarga dan teman dekat Anda. Orang-orang ini tidak akan ragu untuk mengatakan yang sebenarnya. Minta mereka untuk berperan sebagai pendukung iblis dan coba buat lubang dalam ide aplikasi Anda.

Itu mungkin mengungkap sesuatu yang tidak Anda pikirkan atau mungkin memaksa Anda membahas sesuatu yang Anda abaikan dalam kegembiraan Anda.

Jika Anda mendapatkan gambaran yang baik tentang ide aplikasi Anda dari langkah sejauh ini, mari kita lanjutkan!

Semakin banyak orang yang Anda ajak bicara, semakin baik. Orang asing, teman dari teman, orang di internet, dll. Jangan takut untuk menyampaikan ide Anda. Ingat saja wawasan ini dari Investor Shark Tank Chris Sacca – “Ide itu murah, eksekusi adalah segalanya.” Jika Anda sudah sampai sejauh ini, Anda pasti mengambil pendekatan pragmatis untuk tujuan Anda yang merupakan hal yang baik

Tuliskan Fitur Sebelum Membuat Aplikasi Android Anda

Bagian ini sangat menyenangkan karena Anda bisa bermimpi! Ambil ide aplikasi Anda dan bayangkan versi sempurna dari aplikasi Anda nantinya.

Baca Juga :   Cara Membuat Akun Google Drive Unlimited Gratis dan Legal

Visi niscaya akan berkembang dan berubah berdasarkan umpan balik dan pengujian pengguna yang sebenarnya, tetapi untuk saat ini, langit adalah batasnya. Tuliskan semuanya di atas kertas dan wujudkan ide Anda dan hirup beberapa kehidupan ke dalamnya.

Jika mau, Anda juga dapat memikirkan tentang bagaimana Anda akan memonetisasi aplikasi. Saya merekomendasikan bahwa ini tidak boleh menjadi fokus utama ide aplikasi Anda. Pada tahap awal aplikasi, adopsi pengguna selalu lebih penting.

Ketika saya melakukan konsultasi perangkat lunak, proses ini disebut pengumpulan persyaratan bisnis dan itu adalah fase terpenting dari proyek karena membantu mengklarifikasi apa yang diinginkan klien.

Selama fase ini kami duduk dengan para pemangku kepentingan dan menyetrika setiap detail dan mendokumentasikannya. Jika ada kebingungan, kami dapat merujuk kembali ke dokumen ini dan meninjau apa yang awalnya dipahami.

Sekarang Anda tidak perlu terlalu ketat dan mendetail untuk ide aplikasi Anda sendiri, tetapi sekarang adalah ide yang bagus untuk mengidentifikasi tujuan dan strategi keseluruhan untuk ide aplikasi Anda sebanyak mungkin sekarang. Setelah Anda menjalankan eksekusi, perubahan apa pun yang ingin Anda lakukan berpotensi berarti banyak pekerjaan dan usaha yang terbuang percuma.

Anda tidak perlu memutuskan berapa banyak layar yang akan dimiliki aplikasi atau apa yang ada di setiap layar; itu untuk langkah selanjutnya. Namun yang ingin Anda selesaikan adalah apa yang dapat dicapai pengguna di aplikasi.

Misalnya, jika ide aplikasi Anda adalah aplikasi jejaring sosial, Anda dapat mulai menulis:

  • Pengguna akan dapat membuat akun.
  • Mereka dapat membuat akun baru menggunakan email dan kata sandi atau mereka dapat masuk dengan
  • Facebook, Twitter, dan Google.Pengguna akan dapat mengatur nama pengguna, foto profil dan biografi singkat.
  • Untuk foto profil, pengguna harus dapat memilih foto yang ada dari perpustakaan foto mereka atau mengambil yang baru dengan kamera dari dalam aplikasi.

Tentukan fitur inti untuk MVP

MVP adalah konsep yang pertama kali saya dengar dari The Lean Startup oleh Eric Ries. Ini adalah singkatan dari “minimum viable product” dan idenya adalah lebih baik meluncurkan versi kecil (tapi masih berguna) dari produk Anda terlebih dahulu sehingga Anda bisa membawanya ke tangan pengguna yang sebenarnya.

Itu akan membantu Anda mendapatkan umpan balik dunia nyata dari pengguna nyata yang dapat memandu dan memperbaiki pemahaman Anda tentang apa yang sebenarnya diinginkan orang.

Berdasarkan masukan tersebut, Anda merilis update ke aplikasi Anda dengan lebih banyak fitur dan lagi, menyerahkannya ke tangan pengguna untuk mendapatkan masukan.

Anda mengulangi siklus ini berulang kali dan akhirnya sampai pada produk yang sangat sesuai dengan apa yang diinginkan pasar.

Bandingkan ini dengan menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membangun sesuatu dan akhirnya meluncurkannya… hanya untuk mengetahui bahwa orang tidak menginginkannya. Jangan pernah membangun di ruang hampa.

Jadi, lihatlah semua fitur yang Anda tulis dan pikirkan seperti apa tampilan versi 1 yang disederhanakan. Pastikan bahwa aplikasi masih dapat berguna untuk audiens Anda dan menyelesaikan masalah secara keseluruhan tetapi tidak (dan tidak seharusnya) memiliki semua fitur untuk fase 1. Kemungkinan besar, lonceng dan peluit yang Anda pikirkan mungkin ternyata bukan yang pertama kali dibutuhkan pengguna.

Fitur apa pun yang tidak secara langsung berkontribusi untuk memenuhi tujuan aplikasi secara keseluruhan dapat dipertimbangkan untuk fase 2. Semua fitur penting yang tersisa akan menjadi produk minimum Anda yang layak!

Buat Mockup Desain Aplikasi Anda

Sekarang Anda siap untuk mulai memikirkan tentang cara merancang aplikasi yang intuitif dan mudah digunakan. Apa yang akan dilihat pengguna dan bagaimana mereka berinteraksi dengan aplikasi Anda untuk menggunakan fitur-fiturnya?

Biasanya saya baru mulai dengan pensil dan buku catatan atau selembar kertas karena semuanya berubah-ubah dan ada banyak sketsa kasar saat Anda mengembangkan ide.

Layar utama

Dapatkah Anda memisahkan fungsionalitas aplikasi Anda menjadi beberapa bagian atau layar yang berbeda? Petunjuk ini akan bersifat umum karena saya sebenarnya tidak tahu apa ide aplikasi Anda, tetapi menurut saya cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membayangkan diri Anda menggunakan aplikasi.

Berapa banyak bagian berbeda yang masuk akal untuk menampilkan informasi yang perlu Anda lihat?

Misalnya, untuk aplikasi portofolio saham, mungkin ada layar untuk daftar pantauan saham, layar lain untuk saham dalam portofolio Anda, layar yang menampilkan informasi mendetail untuk saham tertentu, dan layar lain untuk mengelola pengaturan aplikasi.

Setelah Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang layar yang Anda perlukan, lanjutkan ke langkah berikutnya. Anda tidak akan melakukannya 100% dengan benar pada saat ini dan itu sepenuhnya normal untuk membuat perubahan selama proses desain ini saat Anda melanjutkan!

Navigasi utama

Sekarang setelah Anda memiliki bagian utama aplikasi, pikirkan tentang mekanisme utama untuk menjelajahi bagian dalam aplikasi Anda.

Apakah akan ada bilah tab di bagian bawah? Atau mungkin itu akan menggunakan slide di menu samping untuk menavigasi ke berbagai bagian aplikasi?

Saya akan merekomendasikan untuk melihat beberapa aplikasi favorit Anda dan memperhatikan bagaimana Anda menavigasi aplikasi tersebut.

Jenis navigasi terbaik adalah yang terasa alami dan intuitif. Jika Anda harus berpikir tentang bagaimana mendapatkan sesuatu, maka itu adalah masalah.

Ada sebuah buku bagus tentang arsitektur informasi dan kegunaan (yang sedang Anda lakukan sekarang) yang berjudul Jangan Buat Saya Berpikir oleh Steve Krug.

Apa Usability?

Kegunaan adalah istilah yang menggambarkan betapa mudahnya menggunakan produk / layanan untuk tujuan yang dimaksudkan.

Ini adalah bagian dari topik yang lebih luas yang disebut Pengalaman Pengguna (disingkat UX) yang mempelajari bagaimana perasaan pengguna terhadap suatu produk saat dia menggunakannya.

Sebagai perancang produk (ya, aplikasi dianggap sebagai produk!), Kami dapat menginspirasi kegembiraan, kekaguman, dan kepuasan dari pengguna dengan cara kami memilih untuk merancang aplikasi kami.

Misalnya, kita bisa membuat aplikasi kita intuitif untuk digunakan sehingga pengguna bisa mendapatkan nilai dari aplikasi tanpa harus bersusah payah dan kita bisa menyembunyikan animasi kecil yang tidak terduga untuk menyenangkan pengguna.

Dalam langkah proses pengembangan aplikasi ini, kami berfokus pada memaksimalkan kegunaan dan menjadikan aplikasi mudah digunakan semudah mungkin. Ini tergantung pada memutuskan apa yang akan ditampilkan di setiap layar dan bagaimana mengatur elemen antarmuka pengguna di layar.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mendesain aplikasi yang dioptimalkan untuk kegunaan. Misalnya, bayangkan memegang ponsel dengan satu tangan dan mencoba mengetuk tombol di dekat bagian atas layar… ibu jari Anda tidak menjangkau sejauh itu!

Jadi ini adalah contoh dari hal-hal yang perlu Anda ingat saat merancang antarmuka pengguna Anda.

Saranku? Luangkan beberapa jam untuk membaca tentang dasar-dasar kegunaan dan kemudian lakukan. Panduan Antarmuka Manusia Apple adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Ini tidak akan sempurna dengan percobaan pertama. Setelah aplikasi Anda sampai ke tangan pengguna yang sebenarnya, Anda akan mendapatkan banyak masukan yang sah dan praktis.

Pada titik ini, yang dapat Anda lakukan hanyalah mencoba mengikuti praktik terbaik UX.

Urutan Orientasi

Ini sedikit lebih awal, tetapi perlu diingat bahwa Anda mungkin menginginkan atau memerlukan sedikit tutorial sambutan tentang cara menggunakan aplikasi Anda.

Jadi, jika aplikasi Anda sangat kompleks, Anda dapat mengandalkan sedikit urutan orientasi untuk mengedukasi pengguna.

Alat Desain

Nah dalam hal meletakkan pensil di atas kertas, ada berbagai macam alat yang bisa Anda gunakan selain pensil dan kertas (ngomong-ngomong tidak ada salahnya; saya suka melakukan proses ini di kursi yang nyaman dengan buku catatan dan pulpen).

Namun, jika Anda ingin membuat tiruan secara digital, Anda dapat memanfaatkan alat digital berikut:

Sketsa

Sketsa adalah standar industri untuk desain dan pembuatan prototipe aplikasi seluler. Desain berbasis vektor berarti bahwa karya seni Anda dapat diskalakan ke berbagai ukuran tanpa mengorbankan kualitas. Ini sangat penting, terutama dengan berbagai ukuran layar perangkat saat ini. Satu-satunya kekurangan adalah Sketch hanya untuk Mac.

Figma

Saya menganggap Figma sangat mirip dengan Sketch dengan beberapa manfaat. Figma adalah browser based yang artinya dapat digunakan di PC atau Mac. Figma menawarkan fitur kolaborasi yang hebat untuk tim. Figma gratis untuk digunakan dan Anda hanya perlu membayar jika ingin menggunakan fitur kolaborasi yang disebutkan di atas. Lihat video saya di atas untuk mulai menggunakan alat ini!

Studio InVision

InVision Studio adalah alat yang lebih baru dibandingkan dengan Sketch dan Figma, tetapi beberapa prototipe yang saya lihat dari alat ini sangat meyakinkan. Untuk PC dan Mac

X frame adalah alat prototipe lain yang terlihat sangat mudah digunakan.

X frame

Rekomendasi saya:

Saya sarankan Anda memeriksa Figma terlebih dahulu karena gratis untuk digunakan dan sangat kuat untuk harganya. Sketsa akan memiliki dukungan paling banyak dalam hal templat, plugin, tutorial, dan semua itu. Namun Figma dianggap setara sehingga sebagian besar produk pihak ketiga mendukung Sketch dan Figma.

Buat Desain Grafis Aplikasi Anda

Sekarang saatnya menghidupkan aplikasi Anda secara visual dengan mendesain persis seperti apa tampilan aplikasi Anda.

Ini seperti brosur kondominium pra-konstruksi yang menunjukkan seni konsep tentang bagaimana kondominium akan terlihat ketika dibangun.

Anda membuat desain grafis yang:

  • Mewakili tampilan produk akhir
  • Dapat digunakan dalam presentasi untuk menjual calon investor atau mitra
  • Pengembang dapat menggunakan untuk mengintegrasikan aset grafik ke dalam proyek
  • Antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna (UI / UX) aplikasi akan sangat dipengaruhi oleh pekerjaan yang Anda lakukan di langkah ini.

Itulah mengapa saya merekomendasikan agar Anda mendapatkan bantuan dari desainer grafis profesional yang telah terbukti berhasil merancang UI aplikasi jika sangat penting bagi Anda untuk memiliki aplikasi yang apik dan terlihat profesional.

Namun, seperti halnya semuanya, selalu ada pilihan.

Berikut Beberapa Cara Membuat Desain Grafis Aplikasi Anda

Pekerjakan seorang desainer profesional untuk membuat desain aplikasi untuk Anda. Anda dapat menggunakan situs seperti Upwork dan Toptal untuk menemukan freelancer. Namun, yang ingin saya lakukan adalah melihat-lihat Dribbble, Behance, dan Pinterest untuk UI dan desain aplikasi yang menarik bagi saya. Ketika saya menemukan desain yang sangat saya sukai, saya akan memeriksa profil desainer dan melihat apakah mereka melakukan pekerjaan desain lepas.

Carilah partner desainer yang berpengalaman mendesain aplikasi seluler. Jika Anda mengenal seseorang di industri teknologi, tanyakan apakah mereka mengenal desainer yang mungkin ingin melakukan pekerjaan sampingan. Anda juga dapat menghadiri pertemuan lokal untuk bertemu desainer atau orang yang mungkin mengenal seseorang.

Gunakan template desain aplikasi yang sudah jadi. Beberapa situs menjual desain aplikasi yang dapat Anda beli dan kemudian menyesuaikan atau membayar seseorang untuk menyesuaikannya untuk Anda. Ini akan jauh lebih murah daripada menyewa seorang desainer untuk membuat desain aplikasi khusus untuk Anda, namun perlu diingat bahwa aplikasi Anda mungkin terlihat seperti aplikasi lain yang sudah ada yang menggunakan template yang sama dengan yang Anda beli. Lihat sumber daya ini: Kit Desain Material,

Belajar membuat desain aplikasi Anda sendiri. Jika Anda menyukai desain, Anda mungkin ingin menyingsingkan lengan baju dan mempelajari cara merancang aplikasi sendiri! Namun, berhati-hatilah karena mungkin perlu beberapa saat sebelum Anda dapat membuat sesuatu yang layak! Saya sangat merekomendasikan Desain + Kode untuk mempelajari cara mendesain aplikasi Anda sendiri.

Setelah Anda menyelesaikan desain aplikasi, Anda dapat melanjutkan untuk membangun aplikasi Anda. Secara pribadi, saya suka membuat rencana pemasaran aplikasi terlebih dahulu.

Kumpulkan Rencana Pemasaran Aplikasi

Ada hampir 2 juta aplikasi di App Store iOS. Untuk memastikan bahwa aplikasi Anda terlihat, Anda perlu memiliki rencana untuk memasarkannya ke audiens yang tepat.

Baca Juga :   Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone, Begini Menurut Apple

Saat ini, banyak pekerjaan pemasaran terjadi sebelum aplikasi diluncurkan! Misalnya, membuat daftar email pra-peluncuran adalah praktik standar saat ini serta memanfaatkan pemasaran berbayar untuk mempromosikan aplikasi Anda.

Berikut adalah daftar strategi pemasaran aplikasi yang dapat Anda ikuti pra-peluncuran dan pasca-peluncuran untuk memastikan bahwa Anda mengedepankan yang terbaik!

Hal-hal yang dapat Anda lakukan sebelum aplikasi Anda dipublikasikan

  • Buat laman landas untuk aplikasi Anda dan buat daftar email pra-peluncuran: Anda harus memiliki laman landas paling tidak untuk aplikasi Anda sehingga orang memiliki tempat untuk dikunjungi untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi Anda. Pastikan Anda menambahkan ajakan bertindak agar orang-orang mendaftar ke daftar email pra-peluncuran untuk mendapatkan pemberitahuan saat aplikasi diluncurkan. Untuk mulai mengumpulkan email secara gratis, daftar ke layanan email dengan tingkat gratis yang murah hati seperti Mailchimp. Dalam hal membuat halaman landing, Anda tidak perlu mengetahui cara membuat kode. Ada banyak pembuat halaman arahan drag-and-drop seperti Leadpages atau Unbounce. Bahkan, Mailchimp juga punya satu gratis.
  • Sertakan kit media untuk aplikasi Anda: Yang ini sering diabaikan. Kit media hanyalah sebuah paket yang berisi beberapa informasi penting tentang aplikasi Anda dan semua logo untuk aplikasi Anda. Ini membuat hidup lebih mudah bagi jurnalis yang ingin menulis tentang aplikasi Anda dan yang tidak menginginkan lebih banyak pers? Cukup buat satu dan tambahkan link ke sana dari halaman landing aplikasi Anda.
  • Dokumentasikan perjalanan Anda: Saya suka yang ini karena sangat organik. Dokumentasikan perjalanan Anda secara publik saat aplikasi Anda dibuat! Apakah Anda sendiri seorang pengembang atau bukan. Orang-orang tertarik untuk mengikuti dan mendengar bagaimana rasanya membuat aplikasi! Anda membangun penonton secara gratis hanya dengan berbagi cerita, pelajaran, dan kemajuan Anda. Saat aplikasi Anda diluncurkan, Anda akan memiliki audiens yang akan langsung mendukungnya.
  • Pastikan Anda memahami Pengoptimalan App Store (ASO): Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah ini, istilah ini mengacu pada pengoptimalan kata kunci, judul, dan deskripsi cantuman App Store Anda. Saya mendapatkan semua pendidikan ASO saya dari Steve Young.

Hal-hal yang Anda lakukan setelah aplikasi Anda diluncurkan

  • Lakukan siaran pers untuk aplikasi Anda: Ini relatif murah untuk dilakukan dan dapat menarik perhatian beberapa outlet majalah dan berita online. Berikut adalah panduan hebat tentang cara menulis rilis pers untuk aplikasi Anda.
  • Pertimbangkan pemasaran berbayar: Jika Anda memiliki sedikit anggaran pemasaran, melakukan pemasaran berbayar benar-benar dapat meningkatkan aplikasi Anda. Sayangnya, ada begitu banyak jenis pemasaran berbayar yang dapat Anda lakukan sehingga bisa membuat Anda kewalahan. Saya akan membahas tentang strategi berbayar yang paling efektif nanti di artikel ini.
  • Kirim email ke daftar email pra-peluncuran Anda: Setelah Anda meluncurkannya, jangan lupa untuk memberi tahu semua orang! Kirim email ke pelanggan Anda dan perbarui audiens Anda!
  • Cepat dan sebarkan beritanya: Apa pun ceruk aplikasi Anda, temukan forum yang relevan, grup / halaman Facebook, sub-reddits, dll. Untuk mempromosikan aplikasi Anda! Jangan hanya bergabung dan mulai mempromosikan jika Anda melakukannya, Anda mungkin akan dilarang. Sebagai gantinya, bergabunglah dalam diskusi dan sebutkan aplikasi Anda jika relevan dan dapat membantu orang. Ini sesuatu yang lebih baik: bagikan perjalanan pengembangan aplikasi Anda dalam grup yang relevan ini dan Anda akan mendapatkan banyak pemirsa yang menunggu aplikasi Anda diluncurkan!

Ikuti garis waktu peluncuran aplikasi ini untuk mengetahui kapan harus melakukan pengoptimalan toko aplikasi, kapan mengajukan aplikasi Anda ke Apple untuk suatu fitur, dan kapan harus mengeluarkan siaran pers Anda.

Bangun Aplikasi Dengan Salah Satu Opsi ini

Ini adalah langkah di mana Anda benar-benar menghidupkan aplikasi Anda dari desain dan dokumen persyaratan yang Anda buat di langkah sebelumnya. Ngomong-ngomong, ini adalah panggung yang membuat saya bersemangat! Anda akan membuat sesuatu yang nyata

Sama seperti langkah sebelumnya, Anda memiliki beberapa opsi untuk membuat aplikasi Anda. Jika Anda juga penasaran berapa biaya setiap opsi ini, lihat di sini:

  1. Belajar membuat kode dan membangunnya sendiri: Ini adalah opsi yang paling memakan waktu, tetapi Anda akan mendapatkan keterampilan yang berharga dan sesuai permintaan untuk membuat aplikasi Anda sendiri atau mendapatkan pekerjaan sebagai pengembang. Jika opsi ini menarik bagi Anda, lihat sumber daya gratis kami untuk mulai mempelajari pengembangan iOS dan cara memulai.
  2. Rekrut pekerja lepas: Jika Anda lebih tertarik pada sisi bisnis, menginvestasikan waktu untuk mempelajari cara membuat kode mungkin bukan langkah yang bijaksana. Sebaliknya, investasikan dana untuk mempekerjakan seseorang guna membuat aplikasi untuk Anda. Kunjungi situs-situs seperti Freelancer.com atau Upwork.com.
  3. Menyewa perusahaan pengembang aplikasi: Perbedaannya adalah perusahaan pengembang aplikasi akan memberikan layanan konsultasi dan manajemen proyek sedangkan freelancer akan meminta Anda untuk memberikan arahan. Namun, menyewa perusahaan akan memakan biaya lebih banyak daripada bekerja dengan freelancer.
  4. Bermitra dengan programmer: Pilihan lainnya adalah mencari programmer untuk bermitra. Masalahnya adalah sangat sulit untuk menemukan mitra yang bersedia kecuali Anda memiliki rekam jejak yang terbukti sukses dalam meluncurkan bisnis (karena begitu banyak orang yang mencari mitra teknis).
  5. Gunakan pembuat aplikasi: Jika Anda mencari cara membuat aplikasi tanpa pengkodean, ini untuk Anda. Ada layanan di luar sana di mana Anda bisa mendapatkan aplikasi yang dibangun dengan memilih templat dan membuat pilihan kosmetik untuk mengubahnya. Biasanya platform ini mengenakan biaya bulanan agar aplikasi Anda tetap berjalan. Lihat panduan ini untuk daftar pembuat aplikasi.
  6. Beli template aplikasi dan sesuaikan (atau bayar seseorang ): Dengan opsi ini, Anda membeli kode yang telah dikemas sebelumnya yang berisi fungsi inti yang Anda perlukan (jika Anda dapat menemukan template yang dekat dengan ide aplikasi Anda). Template ini biasanya dikenakan biaya satu kali dan kemudian Anda dapat menyewa freelancer untuk menyesuaikannya atau mempelajari beberapa pemrograman dan menyesuaikannya sendiri (Gunakan panduan saya tentang cara membuat kode aplikasi untuk pemula!).

Setelah aplikasi Anda dibuat, pekerjaan belum selesai! Saatnya menguji aplikasi untuk bug dan kesalahan. Dalam pengembangan perangkat lunak, “bug” adalah sesuatu yang menyebabkan aplikasi tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Anda ingin menyelesaikan sebanyak mungkin bug kritis sebelum peluncuran karena kesan pertama bagi pengguna sangat penting. Jika aplikasi Anda mogok atau tidak berfungsi, kemungkinan besar pengguna akan langsung mencopot pemasangan aplikasi Anda.

Kirimkan aplikasi Anda ke App Store

Inilah bagian yang menarik! Anda akhirnya siap untuk meluncurkan aplikasi iPhone Anda ke App Store sehingga jutaan orang dapat mengunduh kreasi Anda!

Ada satu rintangan lagi yang harus diatasi dan itu adalah Tim Sertifikasi Aplikasi Apple.

Begini cara kerjanya:

  1. Pastikan aplikasi Anda memenuhi syarat: Tinjau berdasarkan pedoman App Store ini. Perbaiki apa pun yang Anda butuhkan terlebih dahulu.
  2. Isi meta data aplikasi Anda: App Store Connect adalah situs web tempat Anda dapat membuat daftar aplikasi dan mengisi semua detail penting seperti judul, deskripsi, kata kunci, dan lainnya. Anda juga akan menyetel tangkapan layar dan video pratinjau apa pun yang ingin Anda tambahkan.
  3. Unggah aplikasi Anda dari Xcode: ke App Store Connect. Dari Xcode, Anda mengemas proyek Anda dan mengirimkan kode ke App Store Connect di bawah daftar aplikasi yang baru saja Anda buat.
  4. Kembali ke App Store Connect dan kirim aplikasi Anda untuk ditinjau: Setelah Anda mendapatkan meta data dan kode aplikasi dalam paket yang rapi dan rapi, sekarang saatnya menambahkan catatan apa pun untuk pengulas dan mengirimkannya ke Tim Sertifikasi Aplikasi.
  5. Tunggu balasan dengan cemas: Benar .. Anda harus menunggu seseorang meninjau aplikasi yang Anda kirimkan secara manual! Mereka akan memeriksa aplikasi Anda berdasarkan pedoman App Store (untungnya Anda memeriksanya di langkah 1!) Dan bahwa aplikasi Anda tidak mogok atau memberikan pengalaman pengguna yang negatif.

Dapatkan persetujuan! Dalam waktu sekitar 2-3 hari, Anda akan mendapatkan persetujuan atau penolakan. Jika Anda mendapat penolakan, jangan khawatir. Itu terjadi pada kita semua. Anda hanya perlu memperbaiki apa pun yang tidak mereka sukai dan mengirimkannya kembali! Jika Anda mendapat persetujuan, maka inilah saatnya merayakannya!

Saat Anda mencapai langkah ini, lihat panduan kami tentang cara mengirimkan aplikasi Anda ke App Store!

Pasarkan Aplikasi Anda Untuk Eksposur Maksimum

Selain menjalankan rencana pemasaran Anda, berikut beberapa strategi pemasaran aplikasi berdampak tinggi yang dapat Anda gunakan.

  1. Diunggulkan oleh Apple di App Store: Jika Anda berhasil melakukannya, Anda akan menang besar. Meskipun tidak ada cara yang dijamin untuk melakukan ini, ada beberapa hal yang dapat Anda kendalikan untuk memaksimalkan peluang Anda!
  2. Jalankan kampanye berbayar untuk gratis: Jika aplikasi Anda adalah aplikasi berbayar, menjadi gratis untuk waktu yang singkat dan menyebarkan kabar selama periode tersebut dapat menghasilkan banyak sekali unduhan. Berikut adalah studi kasus tentang bagaimana salah satu kampanye ini menghasilkan 100 ribu unduhan!
  3. Tingkatkan permainan ASO (pengoptimalan toko aplikasi) Anda: ASO tidak berakhir saat aplikasi Anda diluncurkan! Anda masih dapat memengaruhi penemuan aplikasi Anda di App Store dengan menyesuaikan data meta aplikasi Anda. Gunakan strategi pengoptimalan toko aplikasi 5x ini untuk mendapatkan kiat terbaik tentang cara melakukannya.
  4. Pemasaran influencer: Ini secara mengejutkan merupakan strategi hebat untuk aplikasi! Temukan influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan aplikasi Anda menargetkan demografis dan tanyakan apakah mereka dapat menyapa atau menyebutkan aplikasi Anda. Mereka akan mengutip beberapa harga Anda dan Anda dapat pergi dari sana. Berikut panduan video yang bagus tentang cara memutuskan pemberi pengaruh yang tepat untuk memasarkan aplikasi Anda.

Tingkatkan Aplikasi Anda Dengan Masukan Pengguna

Kunci untuk aplikasi yang sukses adalah peningkatan yang berkelanjutan!

Setelah aplikasi Anda berada di tangan pengguna yang sebenarnya, Anda akan mulai mendapatkan beberapa masukan.

Beberapa baik dan beberapa buruk.

Terima kritik secara positif dan bersyukurlah bahwa seseorang bersedia memberi tahu Anda cara meningkatkan diri karena jika seseorang angkat bicara, kemungkinan besar ada lebih banyak pengguna yang merasakan hal yang sama tetapi tidak mau angkat bicara.

Tunjukkan kepada pengguna bahwa Anda tidak meninggalkan aplikasi Anda setelah peluncuran.

Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda terus meningkatkan aplikasi dan merilis perbaikan bug, fitur baru, dan pembaruan aplikasi.

Seiring waktu, Anda akan mengalahkan aplikasi seluler lain di segmen Anda yang tidak melakukan ini!

Gunakan SKStoreReviewController untuk memaksimalkan koleksi penilaian dan umpan balik pengguna Anda.

SKStoreReviewController adalah alat dari Apple yang dapat Anda tambahkan ke aplikasi Anda. Ini membantu Anda mengumpulkan umpan balik dengan mendorong pengguna untuk mengirimkan peringkat App Store dan umpan balik untuk aplikasi Anda. Memasangnya sangat mudah sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya!

Sumber Daya Pembuatan Aplikasi

Jika Anda berhasil jauh-jauh ke sini, beri tepukan tangan untuk diri Anda. Saya harap saya telah menjawab pertanyaan Anda tentang cara membuat aplikasi Anda sendiri!

Apakah Anda bersemangat untuk mempelajari pengembangan iOS? Aku di sini bersamamu!

Berikut adalah sumber daya terbaik saya untuk orang-orang yang ingin mempelajari cara mengembangkan aplikasi iOS:

  1. Tantangan Pemula 14 Hari: Mulailah perjalanan aplikasi Anda dengan cara yang benar
  2. Cara Menjadi Pengembang iOS: Pelajari keterampilan apa yang harus Anda miliki, di mana menemukan pekerjaan & bagaimana mempersiapkan wawancara Anda!

Jika panduan ini membantu Anda, beri tahu saya dengan meninggalkan komentar singkat di bawah. Terakhir, bagikan dengan siapa pun yang Anda kenal yang ingin membuat aplikasi! Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *